Monday, February 6, 2012

Mengapa Elektronika?


Sejak SMA aku ingin sekali kuliah di bidang elektronika. Di bidang ini aku menaruh harapan besar untuk kemajuanku kelak. Aku punya angan-angan di bidang ini.

Kemajuan teknologi akhir-akhir ini sangat pesat perkembangannya. Untuk itu aku diharuskan untuk menguasai sebuah bidang teknologi, diantaranya elektronika. Aku kuliah di Politeknik Negeri Semarang. Ya tentunya aku diharuskan tinggal di Semarang. Aku belajar di program studi elektronika. Disini aku diajari sesuatu yang berhubungan dengan teknologi elektronik. Sangat menyenangkan belajar di program studi yang sesuai dengan harapan kita. Ternyata semuanya diberi kemudahan dalam menjalaninya.

Tentunya beda pengertian antara teknik elektronika dengan teknik elektro. Kalau di elektronika, kita diajari berbagai hal yang berkaitan dengan arus lemah. Misalnya desain PCB, mikroprosesor, alat elektronik, dll. Di bidang ini memang tengah berkembang  pesat. Diantaranya perkembangan handphone, laptop, tablet, smartphone, dll. Kita bermain komponen-komponen yang bentuknya mini alias kecil-kecil. Sebetulnya sulit memang, tapi kalau dinikmati yang sulit akan menjadi mudah. Eeittss… jangan di buat mudah ya! Ntar gak maksimal hasilnya! Hehehe. Kalau di teknik elektro, kita mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan arus kuat. Misalnya instalasi listrik, distribusi listrik, dan pembangkit. Tentunya butuh tenaga yang lebih ekstra dalam bidang ini. Harus mempunyai fisik yang kuat karena di bidang ini dituntut untuk bisa bertahan di tempat yang ekstrim.

Mengapa aku memilih polines? Lapangan pekerjaan sekarang sangat sulit. Banyak lulusan berpendidikan sarjana menganggur bertahun-tahun. Untuk itu sekarang yang relevan dengan dunia kerja adalah pendidikan vokasi. Dalam pendidikan vokasi, kita diarahkan untuk menuju dunia kerja. Penyelenggara vokasi di Jawa Tengah diantaranya di polines. Saya percaya pada polines, karena polines punya reputasi yang baik dan banyak perusahaan yang menanti lulusan dari polines. Terbukti, sebelum wisuda saja sudah banyak yang diterima rekrutmen kerja di berbagai perusahaan. Aku ingin menjadi bagian dari mereka yang diterima kerja sebelum di wisuda. Semoga aku bisa!

Realitanya, banyak teman-temanku yang pilih polines karena belum diterima di PTN yang mereka inginkan. Termasuk aku juga. Dulu yang aku inginkan itu polines, tapi juga disuruh untuk daftar PTN lain. Benar saja, aku hanya diterima di polines. Allah punya jalan terbaik dalam hidupku. Sukses dalam akademik, sahabat, dan pribadi…

No comments:

Post a Comment