Tuesday, April 24, 2012

Masa Depan Cerah ada di Elektronika

Kalian pasti bertanya-tanya, apa itu elektronika? Mengapa masa depan cerah ada di elektronika? Nah, menjawab rasa penasaran kalian simaklah informasi berikut!

Apa itu Elektronika?
Elektronika adalah kajian studi yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan arus lemah. Dalam elektronika mempelajari berbagai komponen, misal dioda, kapasitor, transistor, dll. Komponen-komponen tersebut merupakan bagian inti dari semua jennis alat elektronik, misal HP, radio, televisi, laptop, dll.

Mengapa harus elektronika?
Pada abad ini, perkembangan dunia IT telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, yaitu di bidang keelektronikaan. Sekarang ini, dunia elektronika bukan hanya konsumsi masyarakat perkotaan saja, melainkan juga masyarakat pedesaan. Siapa yang di rumah tidak punya televisi? Siapa yang di rumah tidak punya HP? Pasti semua orang pernah menikmatinya. Tapi, bagaimana jika alat-alat tersebut rusak atau bermasalah? Disinilah, anak elektronika jagonya
Lulusan elektronika sangat profesional di bidangnya. Mereka diberi bekal kemampuan untuk mempperbaiki, merancang, dan mereparasi komponen-komponen dalam alat elektronik. Mereka juga bisa membuka jasa servis elektronik, wlaupun sangat jarang sekali lulusan elektronika yang membuka jasa elektronik. Eh, kalian tahu tidak? Tempat-tempat servis elektronik yang sering kalian datangi itu jarang sekali atau bahkan tidak ada yang sampai kuliah di elekronika. Mereka kebanyakan hanya lulusan dari SMK atau belajar secara otodidak saja.

Lulusan elektronika banyak dicari perusahaan. Mereka kebanyakan bekerjanya di berbagai perusahaan Telekomunikasi, Elektronik, bahkan Pertambangan dan Perminyakan. Karena lulusan elektronika itu fleksibel sekali. Mereka bisa bekerja di berbagai bidang yang butuh teknisi masalah elektro. Jangan bilang-bilang yah! Ada beberapa perusahaan banyak menerima lulusan dari elektronika loh. Selain dibutuhkan, ternyata atasan-atasan di perusahaan yang dulunya kuliah di elektronika memiliki rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama lulusan elektronika. Jaringan alumni yang begitu kuat akan semakin memudahkan lulusan elektronika mendapatkan perkerjaan yang diinginkan.

Meteri kuliah di teknik elektronika merupakan materi dasar di berbagai bidang teknik lainnya, misalnya teknik komputer, informatika, dan telekomunikasi. Kalian tahu tidak? Mahasiswa dari teknik-teknik lain tersebut banyak loh yang bertanya pada anak elektronika mengenai materi kuliah yang sulit mereka pahami. Mereka mendapatkan kejelasan setelah mereka bertanya, karena materi dasar elektro yang mereka dapatkan hanya sepintas saja.

Kesimpulan
Lulusan elektronika jarang sekali yang sampai menganggur berbulan-bulan. Mereka mudah terserap di perusahaan. Mereka tenaga proesional yang dicari dan dibutuhkan di perusahaan.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda. Selamat bergabung di dunia elektronika!

1 comment:

  1. Mantab !! Thanks sob sudah berbagi ilmu ...............................



    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete