Friday, April 13, 2012

Why Japan?


Jepang. Ya, inilah negara yang aku kagumi. Entah mengapa dari dulu aku sangat kagum dengan negara jepang. Negara yang dijuluki “negara sakura” dan “negara matahari terbit” ini muncul dengan beragam keunikan. Berikut adalah keunikan-keunikan dari negara jepang:
1.    Negara Jepang sangat menghormati budaya lokal
Masyarakat Jepang terkenal sangat menghormati dan menjaga budaya lokal yang diturunkan oleh para pendahulu mereka. Masyarakat Jepang juga sangat ulet dalam menjaga peninggalan sejarah. Budaya-budaya yang dulu dilakukan oleh masyarakat Jepang masih bisa kita nikmati sampai sekarang ini. Contoh budaya yang mereka lestarikan sampai sekarang adalah tradisi upacara “minum teh”. Walaupun Jepang sangat maju teknologinya, namun mereka masih menjaga budaya-budaya luhur masyarakatnya. Pemerintah disana juga sangat menjaga dan melestarikan peninggalan-peninggalan budaya pada masa lampau.
2.    Negara Jepang sangat pantang menyerah
Walaupun dulunya pusat pemerintahan Jepang yaitu di Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh sekutu, mereka cepat bangkit dan cepat dalam menata negara mereka. Mereka segera megerahkan masyarakatnya secara maksimal untuk bersama-sama dengan pemerintah membangun dan memperbaiki negaranya. Dalam menanggapi benacana, negara ini juga bertindak sangat cepat, tepat, dan akurat. Misalnya dalam menanggapi bencana tsunami, jepang sangat mementingkan keselamatan masyarakatnya. Pemerintah segera mengambil tindakan cepat dalam menangani korban bencana tesebut. Pemerintah juga sangat aktif dalam memberikan informasi-informasi penting pasca bencana sehingga masyarakat akan merasa aman. Pasca bencana tsunami tersebut, Jepang hanya butuh beberapa bulan saja untuk memulihkan roda perekonomian negaranya. Dan saat ini, negara Jepang menjadi salah satu negara dengan pelayanan tanggap darurat terbaik di dunia.
3.    Negara Jepang memiliki perkembangan teknologi yang maju
Inilah salah satu sektor yang sangat potensial dalam meningkatkan perekonomian negara sakura ini. Perkembangan teknologi di negara Jepang memang sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Negara ini sangat kreatif dan inovatif dalam menciptakan teknologi guna membantu memudahkan segala pekerjaan manusia. Masyarakatnya yang berfikir jauh ke depan, pemerintah yang mendukung, dan sarana yang memadai, membuat negara ini terkenal dengan teknologinya. Beberapa brand asal Jepang bahkan membuat masyarakat dunia terkagum. Prooduk yang ditawarkan pun bisa menghipnotis masyarakat dunia berkat kerasi dan inovasinya. Saat ini pun Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial dalam memasarkan produknya.
4.    Jepang menawarkan pendidikan yang berkualitas
Pendidikan merupakan dasar atau fondasi majunya sebuah negara. Pendidikan yang dilaksanakan di Jepang sangat terfokus pada kualitas sumber daya manusia. Mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi di Jepang sangat menjaga karakter masyarakatnya. Dengan kualitas SDM yang baik, maka lulusannya pun akan unggul dan berkualitas pula. Dukungan dari pemerintah pun sangat besar dalam bidang pendidikan. Pemerintah menyediakan bantuan kepada sekolah dan universitas guna meningkatkan sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran. Tidak heran, saat ini Jepang memiliki beberapa unversitas yang berkualitas kelas dunia yang konon didaulat sebagai “negara adidaya dari timur”.
5.    Jepang memiliki makanan khas yang mendunia
Makanan asli jepang dikenal dengan makanan yang sehat dan kaya akan gizi yang dikandungnya. Banyak makanan khas Jepang yang sekarang mendunia, misalnya saja sushi. Masakan Jepang biasanya dimasak dengan dikukus, bentuk kuah, dipanggang, bahkan yang masih mentah. Jarang sekali masakan Jepang diolah dengan digoreng karena orang Jepang tidak menyukai makanan yang berlemak dan tidak sehat.Bahan-bahan yang digunakan juga yang berkualitas, sayur yang segar, ikan dan daging yang masih fresh. Proses memasaknya pun sangat diperhitungkan guna tidak mengurangi kandungan nutrisinya. Tidak heran, makanan Jepang mudah kita jumpai hampir semua negara di dunia.

No comments:

Post a Comment